Diversitas Motif Kain Indonesia

Motif kain orang Indonesia sangat beragam sebagaimana memang digambarkan oleh keheterogenan masyarakatnya atas suku, agama, dan berbagai kelas sosial mulai dari kelas ekonomi hingga pembagian tenaga kerja secara sosial (division of labor). Dalam hal ini, kita mengenal motif batik misalnya yang merupakan sebuah tradisi motif pakaian yang terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia. Batik dikenal secara umum berasal dari kriya tekstil penduduk di kawasan pulau Jawa, baik yang berada di kawasan pedalaman maupun yang berada di kawasan pesisir pantai. Motif batik sendiri sangat beragam.

Keragaman ornamentasi batik saja misalnya, sudah sangat tinggi. Sebagai sebuah kawasan kepulauan yang terdiri dari populasi ratusan suku bangsa, maka Indonesia memiliki berbagai ornamentasi motif pakaian yang luar biasa kuantitasnya. Sebut saja songket, ulos, dan berabagai motif pakaian lainnya.

Pengumpulan data atas motif-motif pakaian ini sungguh merupakan sebuah hal yang sangat menarik dan jika mungkin merupakan sebuah hal yang luar biasa penting untuk menggambarkan bagaimana konsep estetika berpakaian orang Indonesia yang memang sangat beragam tersebut. Pohon Filomemetika dari Batik dapat dilihat pada gambar atas beberapa data saja yang layak untuk dianalisis dengan perangkat yang ada di kita saat ini.

Data Motif Pakaian

Berikut adalah data motif pakaian dalam kontribusi para Sahabat Budaya IACI seperti anda. Data ini diharapkan terus ditambah dengan partisipasi anda untuk ikut memotret secara digital motif pakaian yang anda temukan dan ketahui merupakan bagian dari tradisi budaya kepulauan Indonesia.

Untuk meng-upload data, lakukanlah beberapa persiapan atas data yang ingin disimpan dan ditampilkan dalam server kita. Lakukan beberapa langkah yang ditetapkan sebagai upaya mempersiapkan data motif, setelah itu, anda bisa meng-upload ke situs ini dengan mengkuti tahapan-tahapan sebagaimana digambarkan di Instruksi Tambah Data dan segera upload motif pakaian yang anda rasa perlu memperkaya basis data kita sebagai bangsa Indonesia.

Sumber :http://www.budaya-indonesia.org